Minggu, 09 September 2012

Jhonlin Group, Pariwisata Tanak Bum,bu Kalimantan Selatan
Banyak orang mengenal objek wisata yang terkenal di Banjarmsin adalah Pasar Terapung, namun jika kita mau untuk sedikit menjelajahi ke kabupaten Tanah Bumbu, kita akan disuguhi berbagai macam objek wisata. Mungkin, tidak semua orang mengetahuinya, masih ‘perawan’ dari sorotan masyarakat umum. Bagi anda traveller, petualangan baru menunggu di selatan kalimantan.

1. Pantai Pagatan
Pantai ini berjarak 2,5 km dari  pusat kota  kecamatan Kusan Hilir, 37 km dari Kota Batulicin dan ± 300 km dari Kota Banjarmasin, sepanjang 1,5 km, dengan luas 1,5 Ha, yang membentang dari barat ke timur, sepanjang pantai terdapat pepohonan yang menambah suasana sejuk dan nyaman untuk suasana santai. Ini merupakan salah satu obyek wisata primadona masyarakat Tanbu, dengan hamparan pasir putih yang sangat luas dan panjang.  Jika anda beruntung, anda bisa menyaksikan pesta adat tahunan masyarakat Tanah Bumbu; Pesta Laut Mappanretasi.


2. Pantai  Angsana
Terumbu karang yang indah didasar pantai adalah keindahan favorite pantai ini. Masih belum banyak terjamah, keindahannya masih asri. Asli dari habitat yang berkembang disana. Pantai Angsana juga merupakan tempat favorites Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi untuk meniliti kekayaan alamnya

3. Goa Liang Bangkai
Goa ini terletak di km 37 kecamatan Mantewe, dapat ditempuh ± 1,5 jam dari ibukota Kabupaten dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua. Goa ini memiliki beberapa keunikan yaitu bau bangkai yang menyengat yang justru memicu jiwa petualang kita untuk menapakinya. Beberapa mitos lahir dari Goa Liang bangkai, yang juga merupakan kandang banyak kelelawar. Bagi yang ingin merasakan wisata dengan sensasi mistis, Goa Angsana tempat yang tepat.

4. Danau Panas
Danau ini berada di Desa Sepunggur dan Desa Saradangan Kecamatan Kusan Hilir. Airnya yang panas dengan rasa asin seperti air laut, menarik minat traveller untuk menyinggahinya. Keunikannya ini juga menimbulkan berbagai mitos bagi masyarakat.

5. Wisata Kuliner “Soto Banjar”
Bagi pecinta kuliner, makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi tentunya. Keberadaannya melengkapi banyak jenis masakan daerah lainnya. Sebut saja misalnya Soto Madura, Coto Makassar, Soto Betawi, Soto Lamongan dan masih banyak lagi. Tiap daerah memiliki keunikan dan cita rasa sendiri dalam mengelola, meramu makanan. Namun jenis kuliner ini juga banyak digemari oleh masyarakat di pelosok tanah air. Soal lidah memang tidak pernah bohong, begitulah ungkapan sederhana menggambarkan kelezatan Soto ini.

6. Air Terjun Batu Ba’andak
Terletak ± 20 km dari Batulicin dengan jarak tempuh ± 30 menit dengan akses jalan yang cukup baik. Ketinggian air terjun ini ± 4 meter. Dengan pemandangan alam yang indah serta hamparan bebatuan yang menambah daya tarik objek wisata tersebut.

7. Kubah Pagatan
Di pesisir Pantai Pagatan, tepatnya di Desa Kampung Baru, terdapat makam Mufti Syech H.M. Arsyad Bin As’ad yang merupakan ulama terkemuka di wilayah Kalimantan Tenggara, tepatnya Kabupaten Tanah Bumbu. Setiap hari sangat ramai dikunjungi masyarakat, baik masyarakat lokal maupun masyarakat yang berasal dari luar wilayah Kabupaten Tanah Bumbu. Setiap pertengahan bulan Maret selalu diadakan acara haulan akbar untuk mengenang jasa ulama Mufti Syech H.M. Arsyad Bin As’ad. Kubah ini salah satu tempat wisata religius yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

8. Pesona Keindahan Istana anak Yatim.
Pondok pesantren Darul Azhar  yang terletak di Jalan Batu Benawa, sekitar 5-10 menit dari pusat Kota Batulicin, Istana anak yatim dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Madrasah Darul Azhar Bersujud Hingga saat ini menampung lebih dari 1000 anak yatim piatu, yang jumlahnya terus bertambah tiap tahunnya. Para anak yatim didalamnya memperoleh pendidikan gratis mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Arsitekturnya yang berbau Eropa memberikan citarasa tersendiri untuk kita abadikan.
9. Pantai Cemara Indah Pulau Salak
Sepanjang pesisir pantai ditumbuhi pohon Cemara yang tersusun rapi dan rindang. Tempat tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Berkemah? sangat menjanjikan kepuasannya disini.
10. Pondok Lesehan dan Kolam Memancing Cek Dam
Di tempat ini tersedia ragam pendopo, dan di bawah pendopo tersebut terdapat kolam ikan. Pancing sendiri ikan nya dan nikmati bersama keluarga. Konsep sederhana ini menjadi istimewa jika menilik lokasinya yang dikelilingi oleh pertambangan batubara.

HOW TO GET THERE?
Dari Jakarta dengan  menggunakan pesawat menempuh waktu 1 jam mengudara.  Tiba di Bandara Syamsudin Noor bisa langsung transit dan melanjutkan perjalanan ke Tanah Bumbu-Batulicin dengan menggunakan pesawat Cesna Grand Carravan  208 Jhonlin Air Transport, dengan harga tiket Rp. 500.000,- (Non KTP Batulicin) dan Rp. 280.000,- (Memiliki KTP Batulicin)

Jadwal penerbangan Jhonlin Air Transport
Banjarmasin – Batulicin : 10.00 WITA
Batulicin – Banjarmasin : 11.00 WITA
Banjarmasin – Batulicin : 15.00 WITA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar