Senin, 16 Juli 2012

Tarian Mappakaraja, Tarian Untuk Menyambut Tamu

Jhonlin Baratama
Sebuah tarian Khas Bugis Pagatan yang biasanya dilakukan untuk menyambut tamu istimewa atau saat perayaan hari besar. Tarian Mappakaraja sebuah tarian yang biasa di dedikasi oleh remaja ceria yang merupakan bukti kalau masyarakat Tanah Bumbu menghormati tamu. “Mungkin beberapa orang tidak mengerti tarian ini dikarenakan mereka tidak interest  dengan kesenian ini itu sebabnya seni ini perlahan lahan harus di kembangkan kalau perlu diadakan Parade Budaya agar kesenian ini  dapat ter-ekspose dan dikenali orang-orang ”.

Tarian yang dimainkan 6 atau lebih remaja putri dengan lenggak lenggok membawa sebuah mangkok yang berisi bunga dengan maksud untuk memberikan sambutan atau menghormati tamu yang datang. Iringan musik yang seolah olah bercerita kalau di Bumi Bersujud ini mayoritas petani dan nelayan membuat sesaat sebelum Tarian Mappakaraja menjadi sepi. Sanggar seni Citra Luhur Budaya Banua salah satu sanggar seni yang terdapat di Pagatan yang di koordinir oleh Drs. Muh Taha mencoba menumbuh kembangkan seni di Bumi Bersujud ini.

Seiring dengan perkembangan zaman perlahan-lahan seni ini berkembang fungsi menjadi hiburan rakyat di waktu-waktu tertentu misalkan acara adat atau kegiatan memeriahkan hari besar lainnya. Seni ini merupakan bentuk  pemeliharan nilai moral, membangkitkan cagar budaya serta sejarah dan wahana memperkokoh persatuan kesatuan. Untuk itu, generasi sekarang mengetahui kekayaan khasanak senibudaya daerahnya dan begitu indahnya kesenian daerah yang tak kalah dengan kesenian modern lainnya pada zaman globalisasi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar