Kamis, 15 Agustus 2013

Tanah Bumbu Merupakan Salah Satu Pelabuhan Budaya Yang Ada DI Indonesia

Beragam kebudayaan serta kesenian berbaur pada budaya masyarakat pesisir Pantai Pagatan yang secara turun temurun dilakukan . Selain itu perayaan pesta adat Mappanretasi yang notabenya merupakan kebudayaan orang bugis di pesisir Pantai Pagatan, semakin ke depan pelaksanaannya semakin ramai tidak hanya suku bugis namun semua suku, adat, budaya dan kesenian menyatu dan berbaur bersama memperingati acara itu. Ini bukti kalau Pesta Adat Mappanretasi menjadi pelabuhan budaya masyarakat Bumi Bersujud yang terdiri dari berbagai suku.

Selama 3 pekan mulai tanggal 8 – 28 April 2013 baik warga sekitar maupun pengunjung Pesta Adat Mapparentasi dapat menikmati hiburan dari berbagai daerah di Tanah Bumbu, baik kesenian Banjar, Bugis, Jawa, Bali dan lainnya. Setiap harinya secara bergantian masing – masing Kecamatan yang ada di Tanah Bumbu menampilkan keseniannya. Seperti Kuda lumping, Reog, Seni tari, Teatrikal, Hadrah, Bela diri dan lain sebagainya.

Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud kebersamaan, dimana Pesta Adat Mappanretasi ini bukan cuman milik orang Bugis, melainkan merupakan pelabuhan budaya bagi masyarakat Tanah Bumbu yang terdiri dari beragam suku dan kesenian yang berbeda – beda. Melalui kegiatan seperti ini semuanya menyatu dan berbaur dimana sebuah kesenian dari daerah yang berbeda dipadukan dalam satu rangkaian kegiatan sehingga menjadi tontonan yang meanarik dan sarat dengan nilai edukasi. Bhinneka Tunggal Ika sangat kental di pegelaran Pesta Adat Mapparentasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar