Senin, 16 Juli 2012

Pasar Terapung Muara Kuin

 
Merupakan pasar dimana transaksi jual beli dilakukan diatas perahu dan barang-barang yang dijual biasanya kebutuhan sehari hari. Pasar ini icapai 20 menit perjalanan dari depan kantor Gubernur menggunakan perahu khas setempat yang disebut Kelotok. Untuk mengunjungi pasar terapung harus berangkat pagi-pagi agar dapat menikmati suasana pasar tersebut karena pasar buka dari pukul 5 - 7 pagi.

Masjid & Makam Pangeran Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah adalah Masjid tua dibangun pada masa Kerajaan Banjar Islam dan berdekatan dengan keraton, terletak ditepi sungai Kuin, saat ini lingkungan kawasan menjadi kawasan wisata tradisional .

Makam ini lokasinya tak jauh dari Pasar Terapung di Kuin Cerucuk sekitar 10 menit perjalanan ke lokasi di daerah Kuin Utara. Sultan Suriansyah adalah pendiri kerajaan Banjar di tepian sungai Kuin dan Barito. Ini juga sebagai cikal bakal berdirinya Kota Banjarmasin tahun 1526. Beliau merupakan penguasa pertama yang memeluk agama Islam. Makamnya terletak di sebuah komplek pemakaman di Kelurahan Kuin Utara, di makam ini juga di makamkan Raja Banjar ke-2 dan ke 3 yaitu Sultan Rachmatullah dan Sultan Hidayatullah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar